Sunday, April 03, 2011

Perjalanan statistik Kredit-Pointku

Mau sedikit share tentang Statistik Kredit Point (KP) ku yang meningkat tajam di semester 5.

Awal masuk kuliah, tidak ada keinginan untuk aktif kepanitiaan tapi sekarang malah ketagihan banget ikut kepanitiaan dan organisasi. Kepanitiaan pertama di UKP adalah FAC (Farewell Accounting Committee) memang aku memilih untuk menjadi Anggota Divisi Acara. Hmmm,, setelah itu aku merasa ada sisi suka duka jadi panitia untuk pertama kalinya. Ada hal yang aku pelajari, aku tidak puas dalam kepanitiaan ini, aku tidak maksimal, ada banyak hal yang ingin aku lakukan di kepanitiaan ini tapi sedikit hal yang tercapai. Kenapa? Aku masih bertanya-tanya...

Hingga akhir semester 2, ada kegiatan-kegiatan yang kujalani seperti seminar, UKM dan semacamnya, KP-ku mencapai 71,8.

Memasuki semester 3, aku menjadi AsTor dan mengikuti P3KMaBa 2009.

Selain itu, aku mengikuti organisasi POKJATANTRA, well saat itu Akuntansi tidak menjadi HIMA namun POKJA dengan beberapa alasan, yang pasti aku jadi Anggota Departemen Pemerhati. Kok aku jadi pemerhati? Entah ya, ketika ada beberapa pilihan departemen, aku merasa tertarik dengan pemerhati ini. Yang lainnya?
- Penalaran? Aku tidak cukup pintar dalam materi kuliah... Buktinya IPK-ku tidak sampai 3,5
- Pengkaderan? Rasanya aku masih perlu dipimpin dari pada memipin...
- Komunikasi? Aku tidak terlalu PeDe bicara di depan umum
- Bakat Minat? No no no...
- Kesejahteraan? Lumayan masuk opsi kedua deh
- Pemerhati? Setidaknya aku masih punya sisi yang ini.
anyway, Aku pilih Pemerhati hanya dengan minat 65%. Itulah jawabanku ke Ce Sip Yuli, yang membuat dia kaget dengan mata terbelalak. Hingga akhirnya aku menambahi, "Persentase ini akan terus meningkat kok, dasarku adalah mau mencari pengalaman"

Setelah masuk POKJA, ada kepanitiaan yang dipercayakan kepadaku. Saat itulah aku mencari anggota-anggotaku untuk kupercaya menjalani kepanitiaan ini. Susahnya minta ampun. Siapa yang mau jalani kepanitiaan 1 tahun??? Kebanyakan dari mereka jalani kepanitiaan 1 kali jalan saja sudah ampun-ampun, apalagi kepanitiaan yang kujalani? 1 kegiatan difotokopi jadi 7 kali dengan variasi acara yang berbeda-beda pula. Hmm, lebih jelasnya bisa baca
- JAFA Bagian 1
- JAFA Bagian 2

Di sisi lain, aku juga ditawari beberapa kepanitiaan di semester 3 ini. Namun ada 2 acara di kepanitiaan di semester ini diundur hingga semester 4 dan semester 5.

Terus terang, aku tidak mengecek KP ku di semester 3.

Semester 4, terlalu banyaknya kegiatan dan aku yang masih tidak cukup pintar untuk mengatur waktu, alhasil KP-ku melejit namun IP-ku turun drastis. Karena ada kepanitiaan :
1. JAFA
Seperti yang kuceritakan di atas, serta :
- JAFA Bagian 3

2. Precious Of Love
Pergi ke Panti Asuhan Kembang Kuning. Pastinya mengenaskan kalau melihat sebuah bangunan kecil yang ditinggali oleh 40 anak dengan beberapa pengasuhnya di tengah-tengah kuburan. Aku tidak membayangkan kalau malam hari aku harus tetap ada di sana. Ke kamar mandi pun tak mampu rasanya. Tidur pun tak bisa bayangin ada sosok yang bangkit dari kubur. Idih, ngeri banget. Kadang kala pikiranku ini terlalu berlebihan, aku suka memikirkan sesuatu yang tak penting dan irasional.
But, overall aku bisa berbaur dan berbagi cerita dan keterampilan kepada anak-anak itu. Bahkan pernah cerita-cerita dengan Bu Yenni, dan beliau pun mau menyumbang makanan ke mereka semua.

3. Peaceful Accounting Retreat
Retret Jurusan Akuntansi, yang tujuannya keakraban antara mahasiswa dengan dosen-dosen di Akuntansi. Acara yang sangat kreatif dan menakjubkan, baru pertama kali ada acara seperti ini diadakan. Walaupun kesulitan banget cari peserta karena diadakan setelah UAS, sehingga banyak teman-teman yang sudah berpulang ke kampung halaman.
Tapi, aku sempat bercakap-cakap dengan Bu Sany, kira-kira begini dialognya :
Bu Sany : "Tidak apa-apa kalau peserta sedikit, kita semua bisa dekat"
Aku : "Iya juga sih Bu. Tapi, kalau lebih banyak peserta lagi pasti lebih baik."
Bu Sany : "Memang nggak banyak dosen ikut, paling-paling cuma yang dosen muda-muda saja. Kalau yang lain, mereka sudah berkeluarga tentunya mereka juga pasti mengurus keluarganya."
Aku : "Benar juga ya Bu. Untung aja semua dosen muda di Akuntansi ikut semua. Bahkan ada dosen LB yang juga ikut dateng."
Setelah itu, kami melanjutkan obrolan ringan lainnya.
Overall, kegiatan ini memberikan kesan mendalam tentang kepanitiaan dan organisasi POKJATANTRA.

Akhir semester 4 aku cek KP lagi, dan KP-ku ada 121.

Semester 5 kumasuki dengan langkah yang agak bingung, ini mau kuterusin nggak ya KP-ku. Kalau mau berhenti kok rasanya sayang udah 121. Tapi, kalau dilanjutin aku harus bekerja ekstra. Okelah aku jalani banyak kegiaaaaatttaaannn. Di antaranya :
1. Tutorial Etika
Ini adalah suatu pelayanan tanpa KP. Pure banget dan aku banyak diberkati melalui kepanitiaan ini. Selengkapnya...

2. SE Lokal
Ini sebenarnya kepanitiaan di semester 3 tapi, baru jalan di semester 5. Ceritanya panjanggggggg bangettttt.... Hmmm, yang lebih tau detailnya Lina, karena dia ketuanya.
Seru banget karena kita pergi ke Unillever dan menyaksikan proses produksi dan banyak hal tentang Unillever. TWO THUMBS UP.

3. KuLum Bisnis
Ditawari jadi Koor Sekretariat sih. Bolehlah, bantu teman gereja sendiri. Aku juga banyak berproses di kepanitiaan yang gampang-gampang susah. Jujur, aku sempat menggampangkan kepanitiaan ini. Tapi, ketika mengalami susah baru deh sadar buat terus mengandalkan Tuhan dan melakukan yang terbaik.

4. Tutorial 13
Mendaftarkan diri untuk ikut di divisi konsumsi. Seneng banget. Tahun lalu nggak sempat ikut kepanitiaan ini, Akhirnya tahun ini ikut. Meski agak kacau tapi, aku bersyukur banget bisa ikut dan berproses bersama. Ketemu artis pula, hohoho.... Tapi sayang nggak bisa foto bareng karena bu Ketua bilang jangan lebay. Thanks buat Fefe, Ce Levina, Regina, Erin.

5. Camp Jurusan
Mendaftarkan diri jadi Tim Materi. Kenapa? Karena aku ingin melanjutkan usahaku di JAFA kemarin yang belum maksimal. Apalagi aku memang ingin ikut kepanitiaan ini yang seru banget.
Thanks buat Sally udah jadi partnerku yang luar biasa dan bisa diandalkan.

6. KAMA 2011
Walaupun baru jalan di tahun 2011, segala persiapan dilaksanakan di semester 5. Pusing, Capek, Tertunda. Iya bangetttttt...... Aku sempat menelantarkan kepanitiaan ini... Huhuhu....
Thanks buat my Koor (yang setelah KAMA jadi terlihat cantik banget setelah menang surat cinta) Lesthia, ada juga Kesy, Daniel, Arri.

Setelah, semester 5 ini KP ku mencapai 148.

Semester 6, nganggur? Iya banget, aku jadi kayak orang ling-lung karena terlalu santai. Pulang kuliah langsung pulang, ngenet, download, nge-game, baca novel... Wew, udah lama life style kayak gini ditinggalkan selepas SMA. Sekarang balik lagi???

What the next Committee in this semester???

Aktif-Berprestasi butuh 160, dengan persyaratan KP Panitia 50. Tapi, ada perbedaan yang jelas antara kepanitiaan motivasi KP dengan kepanitiaan karena mau berproses dengan sungguh-sungguh. Semuanya jelas. Aku kapok kepanitiaan motivasi KP, hasil kerja ku nggak maksimal banyak yang menyimpang. Tapi begitu mengubah motivasi, langsung semangat berapi-api dan semangat untuk melayani.

No comments:

Post a Comment